Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan model pelatihan instalasi dan sosialisasi tatap muka dengan warga Kelurahan Kedungbunder Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Pertemuan dilakukan dengan metode ceramah diskusi dan praktek dengan memanfaatkan potensi alam yang dimiliki untuk mampu mengolahnya menjadi lebih bermanfaat dengan lampu PJU bertenaga solar cell sebagai penerangan jalan. Sosialisasi dan pengenalan teknologi dilakukan untuk memberikan pengetahuan terkini tentang teknologi pembangkit listrik dengan Solar PV. Hal ini dilakukan karena potensi Energi Matahari yang ada di lingkungan persawahan Kelurahan Kedungbunder Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Selain juga menjelaskan tentang teknologi ini secara umum, tim juga memberikan gambaran teknologi yang telah berhasil dibuat oleh Politeknik Negeri Madiun. Dengan kegiatan ini diharapkan warga desa lebih paham dan sadar akan energi baru terbarukan disekitar mereka. Setelah sadar tahap selanjutnya adalah dapat mengaplikasikan teknologi dengan arahan dan bimbingan dari Politeknik Negeri Madiun

Kegiatan dilakukan secara bertahap mulai dari survei lapangan, diskusi dengan pengurus Komunitas kepemudaan Palahasta dan praktek teknologi Solar PV. Kegiatan praktek dan pengenalan teknologi dilakukan pada hari Rabu-Kamis-Jum’at, 9-11 September 2020 Pukul 08.30 – Selesai WIB di tempat Komunitas kepemudaan Palahasta Kelurahan Kedungbunder Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Peserta adalah warga desa terutama anggota Komunitas kepemudaan Palahasta , tokoh desa, ketua RT dan ketua RW dengan jumlah 36 Orang. Adapun tahapan kegiatan sosialisasi adalah sebagai berikut :

  1. Pembukaan oleh Ketua Komunitas kepemudaan Palahasta
  2. Penyampaikan Analisa Situasi Desa terkait dengan energi matahari sebagai energi terbarukan,
  3. Penyampaikan lampu PJU bertenaga solar cell sebagai penerangan jalan.,
  4. Pemutaran Video tentang solar cell sebagai penerangan jalan dilanjutkan dengan praktek instalasi alat Lampu PJU
  5. Diskusi.

Setelah Tahapan praktek, sosialisasi dan pengenalan teknologi dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan dengan dibantu tenaga mahasiswa untuk terus berkomunikasi dengan mitra. Hal ini dilakukan untuk menjaga komunikasi dan keberlanjutan agar nantinya benar – benar dapat diterapkan. Program pengabdian pada masyarakat sudah dilaksanakan diharapkan dapat menambah pengetahuan, keterampilan sehingga bisa digunakan untuk membantu Komunitas kepemudaan Palahasta .pada Kelurahan Kedungbunder Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar.

Hasil kegiatan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini secara garis besar mencakup :

  1. Ketercapaian Tahapan Pengabdian Masyarakat.
  2. Kesadaran masyarakat terkait dengan energi baru terbarukan dan penerapan teknologi Lampu PJU bertenaga solar cell sebagai penerangan jalan.

Kegiatan ini adalah awal dari kemandirian energi, di Kelurahan Kedungbunder Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Tentu saja dalam satu kegiatan ini tidak akan cukup karena untuk mencapai kemandirian energi perlu proses yang panjang. Dari ketercapaian tahapan Pengabdian Kepada Masyarakat ditunjukkan dengan terlaksananya seluruh langkah dan metode pengabdian yang direncanakan, mulai dari survei hingga pendampingan. Kesadaran masyarakat terhadap energi terbarukan dari teknologi alat Lampu PJU bertenaga solar cell sebagai penerangan jalan ditunjukkan dengan antusiasme peserta terhadap materi dan kegiatan praktek yang telah dilakukan.