Kelompok peternakan Nedyo Rahayu di Desa Kresek, Dusun Jatirogo, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun merupakan salah satu kelompok peternakan yang bergerak di bidang peternakan susu sapi perah. Produk utama dari kelompok peternakan Nedyo Rahayu adalah susu segar dan beberapa hasil olahan bahan dasar susu yaitu salah satunya yoghurt. Namun, selama ini kelompok peternakan Nedyo Rahayu dalam pembutan yoghurt dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Saat tim melaksanakan survei dilokasi dapat diketahui bahwa proses pengolahan yoghurt, yang dimulai dari pemanasan susu hingga fermentasi yoghurt masih menggunakan metode manual. Untuk tahap pasteurisasi susu dengan metode steam dengan suhu 75°C.

Pada proses ini susu harus diaduk dengan stabil agar tidak menggumpal, dengan durasi pengadukan selama kurang lebih 30 menit. Durasi pengadukan disesuaikan dengan kapasitas susu yang akan diolah menjadi yoghurt. Selanjutnya, susu yang telah dipasteurisasi direndam panci yang berisi susu ke ember air dingin dan didinginkan sampai suhu 45°C. Tahap akhir pengolahan yoghurt ini yaitu fermentasi. Fermentasi dilakukan dengan menambahkan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan disimpan di styrofoam yang diberi lampu sebagai sumber panas selama 5-6 jam. Sumber panas harus stabil di suhu 45°C.

Kondisi Kandang dari Kelompok Peternakan Nedyo Rahayu
Proses pembuatan Yogurt dengan cara manual

Proses serah terima dokumen alat oleh tim akademisi yang terdiri dari mahasiswa dan dosen kepada mitra UMKM. Sebelum dilakukan proses serah terima ke mitra, mahasiswa dan tim melangsungkan paparan terkait dengan penjelasan tentang SOP pengoperasian mesin yoghurt otomatis

Kegiatan foto bersama setelah melakukan persiapan peralatan dan pengujian mesin yoghurt real menggunakan susu sapi murni hasil usaha sapi pernah bersama dengan mitra usaha tani ternak sapi perah Nedyo Rahayu.