style2
Silabus Mata Kuliah D3 Teknik Listrik
Semester 1
No Kode Mata Kuliah Tujuan
1 TL17101 Pendidikan Agama Mahasiswa mampu mengetahui, memahami, dan menghayati aspek-aspek yang berhubungan dengan mahluk Allah dan meningkatkan keimanan kepada Khalik dan hal-hal ghaib lainnya, melaksanakan ajaran agama dengan baik. Setelah mengikuti kuliah Agama Islam diiharapkan mahasiswa terbina Iman dan Taqwanya kepada Allah S.W.T., Berbudi pekerti luhur, Berfikir filosofis, Bersikap rasional dan dinamis.
2 TL17102 Matematika 1 Mahasiswa mampu mejelaskan turunan fungsi dan deferensial dalam aplikasinya. Mahasiswa mampu menjelaskan dasar dasar Trigonometri, vektor dan fungsi, kelanjutan dan fungsi kontinu serta dapat menurunkan dan mengintegralkan suatu fungsi kontinu. Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar TrigonIo, vector dan fungsi, kelanjutan dan fungsi kontinyu serta dapat menurunkan dan mengintegralkan suatu fungsi kontinyu
3 TL17103 Pengukuran Listrik Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar pengukuran listrik dan peralatan alat ukur listrik.
4 TL17104 Rangkaian Listrik 1 Mahasiswa mampu menganalisis rangkaian listrik dengan teorema umum, mahasiswa mampu menjelaskan teori dasar teknik rangkaian listrik untuk dapat memecahkan beberapa persoalan praktis yang berkaitan dengan rangkain listrik
5 TL17105 Rangkaian Elektronika Mahasiswa mampu menerapkan keilmuan konsep komponen semikonduktor pada rangkaian elektronika terutama dalam bidang tenaga listrik
6 TL17106 Gambar Teknik Mahasiswa menguasai teknik dan memahami cara menggambar baik menggambar dengan dan tanpa menggunakan komputer.
7 TL17107 Praktikum Pengukuran Listrik Mahasiswa menggunakan pengukuran listrik dan peralatan alat ukur listrik.
8 TL17108 Praktikum Rangkaian Elektronika Memahami teori kelistrikan dan menganalisis pengaruh kelistrikan dalam pemilihan bahan dan komponen listrik
9 TL17109 Praktikum Rangkaian Listrik 1 Mahasiswa mampu menganalisis rangkaian listrik dengan teorema umum, mahasiswa mampu menjelaskan teori dasar teknik rangkaian listrik untuk dapat memecahkan beberapa persoalan praktis yang berkaitan dengan rangkain listrik
Semester 2
No Kode Mata Kuliah Tujuan
1 TL17210 Matematika 2 Mahasiswa mampu memperkirakan bentuk bentuk model permasalahan fisis yang didasar pada pengetahuan persamaan differensial, serta menyelesaikan persoalan persamaan differensial dengan Laplace. Menyelesaikan persoalan Integral. Mahasiswa mampu memperkirakan bentuk-bentuk model permasalahan fisis yang didasari pada pengetahuan persamaan differensial, serta menyelesaikan persoalan persamaan differensial dengan Laplace, menyelesaikan persoalan integral.
2 TL17211 Pembangkit Tenaga Listrik Mahasiswa memahami prinsip kerja dan konstruksi berbagai jenis pembangkit tenaga listrik serta pemilihan lokasinya masing-masing, serta sistem penyalurannya.
3 TL17212 Rangkaian Listrik 2 Mahasiswa mampu menggambarkan beberapa tanggapan pada komponen R-C,R-L dan R-L-C bila diberikan tegangan DC dan AC, serta mampu mengukur besaran tegangan bolak-balik tiga phase.
4 TL17213 Dasar Pemrograman & Algoritma Praktikum tentang fungsi O, I/O statement, kontrol statemen, array dan pointer, fungsi, struktur union, aplikasi pada metode numerik.
5 TL17214 Instalasi Listrik Mahasiswa mampu membaca gambar, melaksanakan dan merencanakan instalasi penerangan baik untuk inastalasi darurat, rumah, gedung bertingkat atau pertokoan. Mahasiswa dapat mengerjakan, merencana instalasi pada bengkel atau industri (pabrik).
6 TL17215 Bahan Listrik Mahasiswa menguasai pengetahuan tentang bahan yang digunakan pada industri listrik khususnya dan bahan-bahan yang digunakan untuk struktur atau bangunan listrik.
7 TL17216 Elektromagnet Mahasiswa menguasai dasar-dasar kelistrikan dan kemagnetan serta aplikasinya
8 TL17217 Bengkel Listrik 1 Mahasiswa memahami tentang tata kerja, pemilihan dan penggunaan peralatan mekanis yang menunjang pekerjaan menukang listrrik. Pemahaman tentang tata kerja, pemilihan dan penggunaan peralatan menukang listrik.
9 TL17218 Praktikum Rangkaian Listrik 2 Mahasiswa mampu menggambarakan beberapa tanggapan pada komponen R-C,R-L dan R-L-C bila diberikan tegangan DC dan AC, serta mampu mengukur besaran tegangan bolak-balik tiga phase.
10 TL17219 Praktikum Dasar Pemrograman & Algoritma Menunjukkan cara pemrograman dengan bahasa C.
11 TL17220 Praktikum Instalasi Listrik Mahasiswa mampu membaca gambar, melaksanakan dan merencana instalasi penerangan baik untuk inastalasi darurat, rumah, gedung bertingkat atau pertokoan. Mahasiswa dapat mengerjakan, merencana instalasi pada bengkel atau industri (pabrik).
Semester 3
No Kode Mata Kuliah Tujuan
1 TL17321 Transmisi dan Distribusi Mahasiswa memahami tentang sistem tenaga listrik, transmisi arus searah , komponen saluran transmisi, jenis saluran berdasarkan panjang, parameter saluran, peralatan gardu induk, serta gelombang berjalan pada saluran transmisi. Pada sisi distribusi, mahasiswa memahami tentang perencanaan dan otomasi, karakteristik beban, transformator distribusi, sistem primer dan skunder, perhitungn rugi tegangan dan rugi daya.
2 TL17322 Mikrokontroller Mahasiswa memahami arsitektur Sistem Mikrokontroler dan mampu mengaplikasikannya.
3 TL17323 Elektronika Daya 1 Mahasiswa memahami karakteristik komponen elektronika daya dan aplikasinya pada sistem konversi energy listrik
4 TL17324 Mesin Listrik Mahasiswa memahami prinsip kerja mesin sinkron dan asinkron konstruksi mesin sinkron dan asinkron satu fasa dan tiga fasa, factor daya pengaturan kecepatan, efisiensi, kerja parallel. Mahasiswa memahami prinsip kerja mesin listrik arus searah, konstruksi dan karakteristiknya dan juga kontruksi dan prinsip kerja motor khusus.
5 TL17325 Kontrol Otomatik Mahasiswa mampu menjelaskan tentang sistem kontrol, merancang aplikasi kontrol sekuensial di industri, dapat menggunakan tool analisis sistem kontrol seperti pemodelan, transformasi Laplace, diagram kotak dan tanggapan peralihan. Mahasiswa mampu memahami tentang modeling, analisis dan perancangan sistem kontrol serta aplikasinya pada pengaturan motor, maupun proses industri
6 TL17326 Peralatan Tegangan Tinggi Mahasiswa memahami tentang konsep dasar tegangan tinggi, peralatan tegangan tinggi, serta tegangan impuls.
7 TL17327 Bahasa Ingrris 1 Mahasiswa mampu memahami struktur kalimat dalam bahasa Inggris, mampu memahami berbagai macam teks Bahasa Inggris, mampu memahami ungkapan-ungkapan dasar dalam Bahasa Inggris dalam konteks yang terbatas.
8 TL17328 Praktikum Elektronika Daya Mahasiswa memahami karakteristik komponen elektronika daya dan aplikasinya pada sistem konversi energy listrik
9 TL17329 Praktikum Mikrokontroller Mahasiswa memahami arsitektur Sistem Mikrokontroler dan mampu mengaplikasikannya.
10 TL17330 Praktikum Kontrol Otomatik Mengaplikasikan beberapa jenis sensor dan aktuator pada sistem otomasi di industri
11 TL17331 Praktikum Mesin Listrik Mahasiswa memahami prinsip kerja mesin sinkron dan asinkron konstruksi mesin sinkron dan asinkron satu fasa dan tiga fasa, factor daya pengaturan kecepatan, efisiensi, kerja parallel. Mahasiswa memahami prinsip kerja mesin listrik arus searah, konstruksi dan karakteristiknya dan juga kontruksi dan prinsip kerja motor khusus.
Semester 4
No Kode Mata Kuliah Tujuan
1 TL17432 Transformator Mempelajari prinsip kerja trafo dan kegunaannya dalam sistem trenaga listrik. Jenis-jenis trafo dan berbagai karakteristiknya.
2 TL17433 Bengkel Listrik 2 Memahami fungsi instrumentasi, sensor, kontrol proses, prinsip kerja PLC
3 TL17434 PLC & SCADA Mahasiswa memahami tentang konsep SCADA, komponen SCADA dan PLC serta aplikasi SCADA dan PLC di industri.
4 TL17435 Elektronika Daya 2 Mahasiswa memahami penggunaan komponen elektronika daya pada konversi energy listrik untuk penggunaan di industri.
5 TL17436 Sistem Proteksi Tenaga Listrik Mahasiswa memahami gangguan-gangguan pada sistem tenaga listrik, rele pengaman harga per unit, trafo. Diagram satu garis, pentanahan, komponen simetris dan asimetris.
6 TL17437 Bahasa Jepang 1 Mahasiswa mampu membuat kalimat nominal.
7 TL17438 Bahasa Inggris 2 Mahasiswa mampu memahami berbagai macam terminologi baik tanpa konteks atau dalam teks Bahasa Inggris dalam bidang Administrasi/Akuntansi/Otomotif/Komputer Kontrol/Listrik Industri, dan mampu menggunakan kompetensi Bahasa Inggrisnya secara lesan dengan baik dalam berbagai konteks yang berhubungan dengan disiplin ilmunya.
8 TL17439 Kualitas Daya Mahasiswa memahami tentang dasar kualitas daya dan efeknya pada konsumen tenaga listrik, macam gangguan pada sistem tenaga,kualitas tegangan, kualitas frekuensi, tegangan transient, harmonisa, pengetanahan
9 TL17440 Praktikum Transformator Konsep dan definisi transformator, kegunaan trafo, konstruksi trafo, inti besi, isolasi, konduktor, pendingin tegangan, dan arus trafo ideal, sinor diagram trafo ideal, sinor diagram trafo berbeban, transformasi parameter primer dan sekunder, persamaan trafo, rangkaian pengganti trafo, penyederhanaan sinor diagram trafo, pengukuran trafo dalam keadaan terbuka, hubung singkat, efisiensi, bentuk gelombang arus, tegangan, gejala phisis arus mula.
10 TL17441 Praktikum PLC & SCADA Mahasiswa memahami tentang konsep SCADA, komponen SCADA dan PLC serta aplikasi SCADA dan PLC di industri.
11 TL17442 Praktikum Elektronika Daya 2 Mahasiswa memahami penggunaan komponen elektronika daya pada konversi energy listrik untuk penggunaan di industri.
Semester 5
No Kode Mata Kuliah Tujuan
1 TL17543 Pengendalian Motor Listrik Mahasiswa memahami berbagai jenis pengendalian motor listrik serta terampil mengoperasikannya.
2 TL17544 Kontrol Industri Mahasiswa mampu menjelaskan tentang sistem pengaturan proses pada industri yang difokuskan pada peralataninput tranduser dan sensor, kontroler analog untuk sistem terbuka dan tertutup. Dan mampu menganalisa sistem pengaturan secara umum.
3 TL17545 Pendahuluan Tugas Akhir Mampu memahami kriteria Tugas Akhir
4 TL17546 Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa mampu menerapkan pengetahuan yang di dapat selama kuliah dan mengetahui proses dan budaya kerja di industri.
5 TL17547 Bahasa Jepang 2 Mengidentifikasi bunti, frasa atau kalimat, dalam suatu konteks dengan mencocoTLan dan membedakan secara tepat, mampu berkomunikasi dalam bahasa Jepang sederhana secara lancar dalam diskusi dan wawancara kerja, mampu berbicara dalam bahasa Jepang dalam bidang studi terkait, mampu menggunakan bahasa Jepang untuk menulis surat lamaran kerja, CV, mampu menggunakan bahasa Jepang sederhana secara lancar & baik
6 TL17548 Praktikum Kontrol Industri Mahasiswa mampu menjelaskan tentang sistem pengaturan proses pada industri yang difokuskan pada peralataninput tranduser dan sensor, kontroler analog untuk sistem terbuka dan tertutup. Dan mampu menganalisa sistem pengaturan secara umum.
7 TL17549 Praktikum Pengendalian Motor Listrik Mahasiswa memahami berbagai jenis pengendalian motor listrik serta terampil mengoperasikannya.
8 TL17550 Bahasa Indonesia Dapat menyusun kerangka karya tulis, menyusun proposal karya tulis, menyusun laporan tugas akhir
Semester 6
No Kode Mata Kuliah Tujuan
1 TL17651 Tugas Akhir (TA) Mahasiswa mampu mengaplikasikan seluruh pengalaman dan keahlian yang diperoleh dalam pendidikan untuk memecahkan permasalahan dalam bidang kontrol industri
2 TL17652 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Mahasiswa mampu memahami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, sistem kenegaraan RI, berserta perubahan-perubahan yang terjadi di dalamnya.
3 TL17653 Etika Profesi Memahami tentang Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan hak cipta dan hak paten
4 TL17654 Kewirausahaan Mahasiswa mampu memahami pentingnya jiwa kewirausahaan, memotivasi diri, mengindera peluang usaha, trik berusaha, menciptakan produk jasa, pemasaran dan membangun kemitraan dalam berwirausaha.Memberikan pemahaman dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan agar diperoleh wawasan usaha yang luas berbasis pengetahuan yang telah dimiliki.
5 TL17655 Standart Instalasi dan Keselamatan Kerja Memahami faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan kerja baik factorteknis, non teknis dan lingkungan, mengetahui sejarah terbentuknya ikatan- ikatan keselamatan kerja dan statistik kecelakaan akibat kerja, UU yangmengatur tentang K3, mengetahui bahaya kebakaran,peledakan, kelistrikan, bahan-bahan berbahaya,