style2
Kunjungan Industri Mahasiswa Prodi Teknik Listrik ke PT. NIC

Pasuruan. Pada hari ini Senin, tanggal 18 Juli 2016 Mahasiswa Program Studi Teknik Listrik melakukan kunjungan industri di PT. NIPPON INDOSARI CORPORINDO Tbk, SARI ROTI yang berada di Pasuruan Jawa Timur. Kunjungan Industri merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan Mahasiswa sesuai bidang kuliah yang di tekuninya. Dalam kunjungan tersebut terdapat serangkain acara yaitu Presentasi tentang Profil PT. NIPPON INDOSARI CORPORINDO Tbk SARI ROTI yang di wakili oleh perwakilan Direksi PT. NIC, Kunjungan ke tempat produksi pembuatan sari roti, sesi tanya jawab, serah terima plakat dan cinderamata.

 

PT NIC berdiri pada tahun 1995. Pabrik pertamanya berlokasi di Blok W, Kawasan Industri Jababeka, Cikarang. PT NIC senantiasa mengutaman kualitas dalam memproduksi roti dan hal ini dimulai dengan pemilihan bahan baku yang berkualitas dengan sangat ketat. Dalam proses pebuatan roti, PT NIC sudah menggunakan teknologi canggih yang berbasis otomatisasi baik menggunakan PLC atau microcontroller. Peralatan tersebut di kendalikan oleh operator yang sudah mahir dan berpengalaman sehingga proses pembuatan roti memenuhi standar yang di inginkan. Setelah presentasi profil industri dilakukan oleh Pak Gusta, dilanjutkan dengan kunjungan ke tempat produksi pembuatan roti sampai pengepakan roti.

 

Proses pembuatan roti setidaknya melalui 12 tahapan proses dan kesemua proses itu melalui alat yang serba otomatis dan higienis, antara lain: proses pencampuran 1 (sponge mixing) and pencampuran 2 (dough mixing), proses fermentasi, proses pemotongan, proses intermediate proofer, Proses fermentasi akhir (final proofing), Proses pemanggangan adonan (baking), proses  (depanning), proses pendinginan (cooling), proses metal detecting dan proses packing.

 

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penyerahan plakat serta cinderamata yang di wakilkan oleh salah satu mahasiswa prodi teknik listrik yaitu Septianto Nugroho selaku ketua himateklis (himpunan mahasiswa teknik listrik). Acara di akhiri dengan pemberian buah tangan dari PT. NIPPON INDOSARI CORPINDO Tbk berupa roti Sari Roti.

Setelah, kunjungan industri selesai dilanjutkan dengan perjalanan menuju ke Pelabuhan Ketapang untuk penyeberangan ke Pulau Bali dan mengunjungi Indonesia Power. (NA/FIT)