style2
Kunjungan Industri Mahasiswa Prodi Teknik Listrik ke PT. Indonesia Power-Part 2

Bali, Kegiatan Studi Ekskursi di hari ke - 2 dilaksanakan di PT. INDONESIA POWER, BALI (19/07) merupakan sebuah perusahaan pembangkit listrik dengan menggunakan bahan bakar solar dan gas yang disebut dengan PLTDG ( Pembangkit Listrik Tenaga Disel dan Gas ). Acara SE di PT. IP UPJP BALI diawali dengan pengenalan profil perusahaan dan overview Unit Pembangkit Bali. PT.IP adalah sebuah pembangkit untuk mensupply energi listrik ke seluruh konsumen baik rumah tangga maupun industri-industri yang menggunakan bahan bakar berupa solar dan gas.

 

PT. IP sendiri pada awalnya bernama PJB 1 ( Pembangkit Jawa Bali 1), kemudian pada 3 oktober 2000 nama PJB 1 diganti dengan PT. INDONESIA POWER. PT. IP mengelola tiga pembangkit yang ada di Bali yaitu PLTDG Pesanggaran yang menghasilkan daya 372 MW, PLTG Gilimanuk 130 MW, dan PLTG Pemaron 80 MW.

 

Acara dilanjutkan dengan kunjungan site. Dengan dibagi menjadi 2 kelompok mahasiswa teknik prodi teklis dan mesin otomotif mengunjungi ruang kontrol, dalam ruang kontrol terdapat panel-panel kontrol untuk mengontrol proses atau jalannya pembangkit, semua proses pembangkitan terus diawasi melalui cctv yang terhubung dengan komputer yang berada di ruang kontrol. Selain itu proses dari setiap mesin dan pengontrolannya dilakukan melalui komputer yang terhubung langsung dengan panel-panel kontrol.


Dari ruang kontrol selanjutnya mengunjungi sistem dari pembangkit untuk mengetahui mesin dan alat apa saja yang digunakan. Seperti generator, transformator, dan sistem jaringan transmisi nya. (NA/FIT)