style2
Kunjungan Industri di PT. PJB Unit Pembangkit PLTA Brantas

          Kunjungan Industri merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan Mahasiswa sesuai bidang kuliah yang di tekuni. Prodi Teknik Listrik pada TA 2014/2016 melaksanakan Kunjungan Industri ke PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) unit pembangkit PLTA Brantas. 

 

            Dari keterangan PT PJB, PLTA Brantas merupakan salah pembangkit yang menjadi tulang punggung roda perokonomian dan juga suplai daya bagi konsumen di Jawa Timur. Unit Pembangkit Brantas Mengoperasikan 12 PLTA yang tersebar di sepanjang aliran sungai Brantas dan Konto di Jawa Timur. Sebagian besar PLTA ini masih peninggalan jaman Belanda. Setiap tahun Unit Pembangkitan membangkitkan energi listrik rata-rata 1.033,56 GWh, disalurkan melalui Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi 500 kV ke sistem interkoneksi Jawa Bali.

 

         Dalam kegiatan ini, mahasiswa di berikan kesempatan untuk melihat proses pembangkitan energi listrik serta sistem transmisi dan ditribusinya. Penjelasan dan Pemaparan Teknologi disampaikan oleh Staff Ahli dari PT PJB.  Kegiatan ini sangat relevan dimana salah satu mata kuliah di kurikulum TA 2014/2015 adalah Sistem Pembangkit Tenaga Listrik, Jaringan Transmisi dan Distribusi Tenaga Listrik. Dengan kegiatan ini diharapkan Mahasiswa akan lebih memahami tentang proses pembangkitan energi listrik. Selain itu kegiatan ini juga bermanfaat dan akan meningkatkan minat mahasiswa ketika lulus dari Prodi Teknik Listrik agar bisa lebih fokus bekerja pada sektor industri listrik dimana saat ini kebutuhannya semakin meningkat dan SDM yang kompeten juga masih terbatas.