style2
Kuliah Tamu Program Studi Teknik Listrik Bersama PT. ABB Sakti Industri

Madiun - Pada tanggal 20 oktober 2016 mahasiswa Program Studi Teknik Listrik semester 5 mengadakan kegiatan Kuliah Tamu bersama PT. ABB Sakti Industri dari Surabaya. Bertempat di Auditorium Politeknik Negeri Madiun kuliah tamu dihadiri oleh 50 mahasiswa Program Studi Teknik Listrik, beberapa dosen teknik yaitu R. Jasa Kususmo Haryo selaku Koordinator Program Studi, Hanifah N.K.N, Asih Setyaningsih, dan Rahmat Gusta, dengan pembicara dari PT. ABB yaitu Budi Santoso, Made Andi, dan Made Arsana. Serta crew dari PT. ABB yaitu Muhammad Ardiansyah, dan Didik. Kuliah tamu juga bekerja sama dengan PT. INKA. Pada kesempatan ini mahasiswa di latih bagaimana cara menggunakan aplikasi software yang dipakai PT. ABB untuk membuat atau mendesain suatu instalasi.

Pada sesi pertama diisi oleh pembicara pertama yaitu Budi Santoso yang memperkenalkan profil PT. ABB. PT. ABB adalah perusahaan global yang bekerja di bidang Power dan Technology Automation yang mempunyai visi sebagai pemimpin infrastruktur, utility, industri, dan transportasi. Perusahaan ini terbagi menjadi 4 devisi yaitu Electrification Product, Power Grids, Procces Automation, dan Discrete Autmation and Motion. Dalam menjalankan perusahaan ABB ini, mereka memegang prinsip dasar salah satunya yaitu integritas sebagai nilai dari PT. ABB yang meliputi kejujuran, bekerja dengan komitmen, mentaati peraturan, bertanggung jawab, dan memberi teladan serta menjunjung tinggi Code of Conduct. Di Indonesia PT. ABB berpusat di Cibitung, Jakarta. Dan mempunyai cabang salah satunya di Surabaya. Manajemen team dari perusahaan ini terdapat di berbagai negara sehingga perusahaan ini merupakan perusahaan multinasional dalam satu kesatuan secara global.

            Untuk sesi kedua diisi oleh pembicara kedua yaitu Made Andi yang menjelaskan tentang Low Voltage Electrivication Product Overview. Pada produk Tegangan Rendah yaitu di bawah 1000 VAC dan di bawah 1500 VDC. Dalam bisnis Low Voltage ini perusahaan ABB mempunyai 6 unit bisnis. Di antaranya Low Voltage, Breakers and Switches, Encloser & DIN Rail Product, Control Product, Wiring Accesoris, dan Protection & Connection Wire Management. Untuk produk – produk yang ditawarkan diantaranya man machine berupa push botton , collecting & processing seperti timer, protection & control seperti MCB, Circuit Breaker, ACB ( Air Circuit Breaker ). Selain itu produk lain dari ABB yaitu robotic dengan double arm, softstart & softstop untuk motor pompa air, dan sebagainya. Perusahaan ABB memperkenalkan teknologi terbaru yaitu SMISS LINE, merupakan sebuah teknologi alat untuk menempatkan MCB yang khusus dengan koneksinya berada di belakang, terdapat pengukuran arus, dan ada monitor untuk mengetahui beban – beban MCB. Sehingga MCB yang semula hanya ditempatkan di busbar biasa saat ini bisa ditempatkan pada busbar yang lebih aman dan lebih mudah. Produk yang lainnya yaitu Arc Guard System yang berfungsi untuk mendeteksi adanya percikan api pada kubikel sehingga bila terdeteksi, AGS akan secara langsung memerintahkan cicuit breaker untuk trip. Arc Guard System ini bekerja lebih cepat dari breaker biasa.

            Untuk sesi ketiga diisi oleh Made Arsana yang menjelaskan tentang Instalasi Dasar Electrical System Overview. PT. ABB Indonesia bergerak di Industri listrik mulai dari Power Generation, Transmission & Distribution, Industry, dan User seperti perumahan, penerangan jalan, dan sebagainya. Perusahaan ini mengutamakan 4 hal yaitu Safety, Ability, Reliability, Efficiency. Instalasi industri atau gedung dan sebagainya, sangat penting untuk didesain dengan seefisien mungkin dan seaman mungkin. Sehingga perlu adanya peraturan instalasi seperti IEC 60909-0 tentang short circuit. Dalam instalasi terdapat dua hal penting yaitu Swicthgear yang artinya sumber lebih dari satu dan outgoingnya banyak membutuhkan ACB banyak pula, sedangkan Swicthboard artinya sumber hanya 1 tetapi outgoing nya banyak. Dalam Theory & Short Circuit Calculation Made Arsana langsung menunjukkan bagaimana cara menghitung dan merancang sebuah instalasi gedung dan cara menggunakan software ABB. Sebelum membuat suatu instalasi terdapat suatu proses yang harus dilakukan yaitu 1) menganalisa beban yang diinginkan 2) menghitung dimensi trafo atau generator, 3) menghitung konduktor berdasarkan arus beban 4) mengecek drop tegangan di beban akhir 5) menghitung short circuit 6) pemilihan proteksi atau circuit breaker 7) memverifikasi kembali apakah data sudah benar 8) memverifikasi koordinasi mulai dari sumber sampai beban akhir 9) finishing.

            Mahasiswa Teknik Listrik sangat antusias dalam mengikuti kuliah tamu ini, banyak dari mereka yang pro-aktif dalam bertanya dan menjawab kuis dari pembicara. Ketika mahasiswa diberikan soal atau kasus untuk mendesain sebuah instalasi dengan cepat, salah satu dari mahasiswa Teknik Listrik Pandu Rahmat Pratama berhasil mengerjakan dengan cepat dan memperoleh hadiah dari PT. ABB. Acara berlangsung dengan lancar dan untuk penutup acara kuliah tamu ini yakni dengan penyerahan vendel dan kenang-kenangan dari kedua belah pihak. Baik dari Politeknik Negeri Madiun yang diwakili oleh R. Jasa Kusumo Haryo selaku Koordinator Program Studi dan dari PT. ABB diwakili oleh Budi Santoso.